RSS

Real Masjid

REAL MASJID, Komik Parodi Olahraga dan Religi ;)



Apa jadinya bila seorang manager band rock Endank Soekamti berkolaborasi dengan Galang “Garudaboi” Tirtakusuma? Jadilah komik Real Masjid, komik strip kocak yang menghibur, namun juga bukan bacaan sia-sia.



Galang dan @tonytrax bersepakat untuk menyajikan cerita-cerita mereka dalam bentuk komik strip, yonkoma istilah Jepang-nya, yang bersifat lepasan namun mengalir. Tema Islami yang dipilih @tonytrax tidak lantas membuat buku ini menjadi berat, justru sebaliknya komik ini disajikan dengan sederhana, mudah dimengerti, juga lucu. Namun demikian, buku ini juga diharapkan bisa memberi sesuatu yang lebih dari sekadar komik.

Meski ringan, pesan-pesan di dalamnya diharapkan penulisnya bisa ikut menyadarkan ummat muslimin yang membacanya untuk meningkatkan mutu ke-Islaman dirinya, meski mulai dari hal-hal yang sederhana. Sederhana, karena memang sebagian besar ide cerita berasal dari pengalaman pribadi @tonytrax sendiri, yang juga secara umum dirasakan banyak orang lainnya. Misalnya kurangnya pengetahuan atas adab masjid, mulai dari susahnya merapatkan shaf, menjadi makmum (dengan cara menepuk bahu) orang yang sudah duluan melakukan sholat wajib, sampai masalah bacaan Al-fatihah.

@tonytrax memang bukanlah seorang ustadz/ulama, namun dengan karya ini ia berharap pembaca tergelitik untuk mencari ilmu lebih dalam lagi atas tema-tema yang diangkat Real Masjid. Mungkin pembaca yang selama ini melakukan kesalahan tanpa disadarinya, bisa penasaran untuk kemudian tergerak untuk bertanya pada seorang ustadz/ulama.

Naskah yang ditulis @tonytrax kemudian disambut hangat oleh Galang Tirtakusuma, seorang pekomik Indonesia yang dikenal melalui gaya yonkoma-nya. Galang yang bukan nama baru dalam dunia komik strip (Garudaboi 1, 2, 3, Ngabuburit, Hopper, dan Extremely Garudaboi) terasa begitu pas untuk dikolaborasikan dengan @tonytrax. Terbukti pada proses pembuatannya, peran Galang juga cukup besar untuk membuat ide-ide kocak @tonytrax kian hilarious. Keputusan Galang untuk sedikit lebih menyederhanakan tehnik gambarnya untuk project ini juga membuat pembaca awam tidak akan kesulitan memahami idiom-idiom gambar Real Masjid.(rileksmedia/*)

Penerbit : PTGramedia – Komik Koloni
Naskah :@tonytrax (Tony Trax)
Gambar :Galang Tirtakusuma
Spec :128 halaman, 132 x 200 mm, book paper|Tema :Komedi – edukasi
Harga :Rp.19.900
Terbit :18 Agustus 2011

hadeh, peanasaran nih ceritanya :) http://rileksmedia.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar